Senin, 14 Juli 2014

KATA PENGANTAR: PANDUAN BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK ORANG AWAM





PENGANTAR PENYUSUN
بسم الله الرحمن الرحيم

Alhamdulillah, berkat pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala akhirnya saya bisa menyelesaikan buku ini. Dalam buku ini saya jelaskan kaidah-kaidah dasar ilmu Nahwu-Shorof yang insya Allah akan sangat mudah difahami oleh orang awam (Orang yang baru mengenal bahasa Arab).

Setelah mempelajari buku ini, saya harapkan pembaca bisa:

1.      Membuat kalimat sempurna dalam bahasa Arab.
2.      Membuat cerita pendek sederhana dalam bahasa Arab.
3.      Menerjemahkan tulisan pendek dalam bahasa Arab.
4.      Memberi harokat tulisan Arab gundul untuk tingkat dasar.

Barangkali ada pembaca yang bertanya: Apa bedanya buku ini dengan SERIAL KITAB FAHIMNA?

Kalau dari sisi materi, buku ini sama dengan KITAB FAHIMNA. Bahkan kebanyakan materi dalam buku ini saya ambil dari KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA. Kemudian saya beri beberapa materi tambahan dan saya perbanyak latihan untuk semakin menambah pemahaman kaidah yang sudah dipelajari. Jadi, secara umum buku ini sama dengan KITAB FAHIMNA.

Bedanya, kalau KITAB FAHIMNA ditulis sebagai bekal untuk mempelajari kitab Nahwu-Shorof TINGKAT LANJUTAN, sedangkan buku ini ditulis sebagai bekal untuk mempelajari kitab Nahwu-Shorof TINGKAT DASAR. Jadi setelah mempelajari buku ini, saya harapkan pembaca jadi punya bekal untuk belajar ilmu Nahwu-Shorof tingkat dasar. Apapun buku yang nantinya akan digunakan sebagai sarana belajar. Semoga nanti proses belajarnya jadi lebih mudah.

Oleh karena itu, saya juga sangat menyarankan kepada para pengajar bahasa Arab untuk menggunakan buku ini sebagai pengantar sebelum mereka mengajarkan kitab Nahwu-Shorof tingkat dasar kepada murid-murid mereka. Semoga nantinya proses transfer ilmu di kelas jadi lebih mudah dilakukan.

Demikian saja. Semoga yang saya tulis ini bernilai ikhlas di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bermanfaat untuk kaum Muslimin.




Bogor, Ramadhan 1435 H
Juli 2014 M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

                                                                                                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar