Selasa, 17 Maret 2015

PELATIHAN BAHASA ARAB ONLINE VIA FESBUK (GAMBARAN UMUM)



>>> Latar Belakang

Sekarang ini pemilik akun fesbuk sangatlah banyak. Jutaan jumlahnya. Namun sayang, banyak yang menggunakannya untuk hal yang sia-sia  bahkan mengundang dosa. Tidak sedikit saya lihat fesbuk dijadikan sarana untuk: debat kusir, saling mencela, main-main, pacaran, dll.

Oleh karena itu, dalam rangka memalingkan para pengguna fesbuk dari  perkara yang sia-sia menuju perkara yang bermanfaat untuk dunia-akhirat, dibuatlah pelatihan bahasa Arab ini.

>>> Target

Target yang ingin dicapai disesuaikan dengan
tingkatan. Insya Allah pelatihan akan dibuat menjadi 3 tingkatan yang akan dilaksanakan hingga SATU TAHUN ke depan. Adapun tingkatannya adalah sebagai berikut:

1.      Tingkat PEMULA (2 BULAN)
Target: (1). Mengetahui kaidah dasar NAHWU-SHOROF, (2). Bisa membuat kalimat sederhana dalam bahasa Arab, (3) bisa mentashrif fi’il tingkat dasar, (4). bisa MEMBACA, MENGHAROKATI, & MENERJEMAHKAN cerita pendek berbahasa Arab (TANPA HAROKAT).

2.      Tingkat DASAR (4 BULAN)
Target bisa MEMBACA, MENGHAROKATI, & MENERJEMAHKAN kutaib (kitab ringkas) berbahasa Arab (TANPA HAROKAT). Rencananya nanti kutaib yang akan dijadikan target latihan adalah kutaib 16 EPISODE KISAH NABI IBRAHIM (TANPA HAROKAT).


3.      Tingkat LANJUTAN (6 BULAN)
Target bisa MEMBACA, MENGHAROKATI, & MENERJEMAHKAN kutaib (kitab ringkas) berbahasa Arab (TANPA HAROKAT). Rencananya nanti kutaib yang akan dijadikan target latihan adalah kutaib 130 IDE DALAM MENDIDIK ANAK (TANPA HAROKAT).

>>> Peserta Pelatihan

Siapa saja yang ingin belajar bahasa Arab dari NOL. Bagi kawan-kawan yang sudah mahir bahasa Arab, dimohon untuk bisa membantu pelaksanaan pelatihan ini dengan cara menjawab pertanyaan dari para peserta yang baru mulai belajar bahasa Arab.

>>> Tempat Pelaksanaan

Pelatihan difokuskan di FP “PELATIHAN BAHASA ARAB ONLINE” (https://www.facebook.com/pages/Pelatihan-Bahasa-ARAB-Online/577685305701247?ref=bookmarks).

>>> Materi Pelatihan

Materi pelatihan diberikan dalam 3 bentuk:
1.      Postingan di FESBUK.
2.      EBOOK yang bisa didownload GRATIS.
3.      VIDEO yang bisa didownload GRATIS di YOUTUBE.

>>> Sarana Pendukung

Diharapkan para peserta memiliki KAMUS (ARAB-INDONESIA). Minimal kamus Mahmud Yunus. Lebih bagus lagi Kamus Al-Munawwir.

>>> Metode Belajar

Metode belajar yang rencananya akan diterapkan adalah sebagai berikut:
1.      Materi diposting setiap minggu.
2.      Jenis materi ada 3 MACAM: Nahwu, Shorof, Mufrodat Mingguan.
3.      Peserta mempelajari sendiri setiap materi yang diberikan di rumah masing-masing.
4.      Jika masih ada yang belum faham, bisa diajukan pertanyaan lewat kolom komentar yang ada di setiap materi.
5.      Jika pertanyaan terkait materi minggu yang telah lewat, mohon untuk diajukan lewat blog http://kitabfahimna.blogspot.com.
6.      Peserta diharapkan juga mendengarkan rekaman yang diberikan.
7.      Peserta diharapkan untuk melakukan setiap tugas yang diberikan. Misalnya: Berdirilah di depan cermin dan ceritakan kepada diri Antum sendiri tentang definisi ilmu Nahwu & ilmu Shorof beserta contoh-contohnya.
8.      Peserta diharapkan mengerjakan setiap soal latihan tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu.
9.      Sebulan sekali akan diadakan ujian.
10.  Sebelum kenaikan tingkat, akan diadakan ujian terlebih dahulu.

>>> Biaya

Semua materi pelatihan ini bisa dinikmati dan dimanfaatkan GRATIS.


>>> Kapan Pelatihan Ini Dimulai?

Insya Allah rencananya pelatihan ini akan dimulai Senin depan (23 Maret 2015). Jika berhalangan, insya Allah awal bulan April baru dimulai. Mohon doa kawan-kawan semua agar pelatihan ini bisa terlaksana sesuai keinginan.

-----oOo-----

Demikian sedikit gambaran umum pelatihan. Silakan bagi yang ingin memberi masukan. Tuliskan saja di kolom komentar.

# Agar banyak orang yang bisa ikutan belajar dari awal, mohon SHARE postingan ini sebanyak-banyaknya. Semoga menjadi amal jariah untuk kita semua.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar