Senin, 04 Agustus 2014

LATIHAN BACA ARAB GUNDUL DALAM 15 MENIT



Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana caranya kita memanfaatkan waktu 15 menit untuk berlatih MEMBACA TULISAN ARAB GUNDUL. Semoga bermanfaat untuk kawan-kawan yang saat ini sedang belajar BAHASA ARAB(NAHWU-SHOROF) dengan tujuan untuk bisa membaca kitab-kitab para ulama.

# MANFAAT LATIHAN

Saat kita BELAJAR BAHASA ARAB,
latihan sangatlah penting. Dengan sering berlatih kita akan semakin faham teori (NAHWU-SHOROF) yang sudah kita pelajari. Terkadang, teori yang belum kita fahami saat belajar, bisa kita fahami di saat latihan.

Oleh karena itu, saya sering sarankan kepada kawan-kawan yang saat ini sedang BELAJAR BAHASA ARAB (NAHWU-SHOROF) untuk banyak berlatih. Banyak-banyaklah berlatih! Insya Allah, sukses akan cepat menghampiri kita.

Dan untuk memudahkan kawan-kawan dalam melakukan latihan, saya sudah buatkan saran latihan BACA ARAB GUNDUL yang bisa dinikmati secara gratis. Saat artikel ini saya tulis, latihan yang saya buat sudah mencapai LATIHAN KE-90. Kawan-kawan bisa menikmatinya di SINI atau di SINI.

# CARA BERLATIH YANG EFEKTIF

Namun sebelum berlatih, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana caranya melakukan latihan. Agar nantinya, latihan yang kita lakukan bisa efektif. Harapannya, kita bisa mendapatkan hasil yang banyak dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Saran saya, lakukanlah latihan secara perlahan. Sehari cukup 15 menit (Boleh lebih, tapi kalo bisa jangan kurang ya….). Tapi lakukanlah dengan kontinyu. Sebisa mungkin setiap harinya kita sisihkan waktu 15 menit untuk berlatih MEMBACA TULISAN ARAB GUNDUL.

Agar lebih jelas, berikut ini saya jelaskan cara praktisnya.


 Untuk kawan-kawan yang baru belajar bahasa Arab, bisa melakukan langkah-langkah berikut:

[PERTAMA]
Ambil satu latihan yang sudah saya buat. Misalnya kita ambil yang INI.

[KEDUA]
Lihat bagian yang berharokat terlebih dahulu.

إِنَّ اللهَ  خَلَقَ الْجِنَّ وَ الْإِنْسَ لِعِبَادَتِهِ، كَمَا قَالَ تَعَالَى: وَ مَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَ الْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

“Sesungguhnya Allah telah menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepada-Nya, sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: Dan aku tidaklah menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku”

[KETIGA]
TERJEMAHKAN setiap kata yang ada dalam latihan. Gunakan kamus. Jika Antum masih menemui kesulitan, bisa Antum tanyakan di kolom komentar yang ada di bagian bawah setiap latihan yang saya buat.

[KEEMPAT]
BACA tulisan yang berharokat sambil dihayati maknanya. Baca terus hinga lancar. Minimal 15 MENIT dalam sehari.

[KELIMA]
Jika sudah lancar membaca tulisan yang berharokat, beralihkan membaca tulisan yang tanpa harokat.

إن الله  خلق الجن و الإنس لعبادته، كما قال تعالى: و ما خلقت الجن و الإنس إلا ليعبدون

Baca secara berulang-ulang sambil dihayati maknanya. Minimal 15 MENIT dalam sehari. Jangan beralih ke latihan yang lain jika latihan sebelumnya belum lancar.




 Untuk Antum yang sudah lama BELAJAR BAHASA ARAB dan sudah menyelesaikan –minimal- buku NAHWU-SHOROF tingkat dasar, Antum bisa gunakan cara yang sama dengan yang di atas. Namun, Antum bisa tambahkan setelah melakukan LANGKAH KETIGA:

[KEEMPAT]
Mencari tahu KEDUDUKAN dari setiap kata dalam kalimat. Mana yang MUBTADA, KHOBAR, FA’IL, DLL. Jika Antum menemui kesulitan, Antum bisa tanyakan di kolom komentar dari setiap latihan yang saya buat. Atau, Antum bisa mendapatkan sarana latihan yang sudah lengkap berisi penjelasan kedudukan kata di SINI.


# KUNCI SUKSES

KUNCI SUKSES dalam melakukan latihan ini terletak pada PENGULANGAN. Semakin sering kita mengulang-ulang latihan, insya Allah semakin cepat kita SUKSES. Maka, lakukanlah pengulangan sebanyak-banyaknya. Pelan-pelan saja. Cukup 15 menit dalam sehari. Setelah itu, kita akan merasakan manfaat yang luar biasa.

Nggak percaya? Silakan dicoba!

Nah, ini saja mungkin yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat.

Selamat belajar bahasa Arab!



Bogor, Selasa 9 Syawal 1435H/5 Agustus 2014

Muhammad Mujianto Al-Batawie



Tidak ada komentar:

Posting Komentar